8 Khasiat Lidah Buaya yang Tak Terduga

aloe juice drop close up

unanimocracy.comLidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

1. Mengobati jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya yang telah terbukti khasiatnya yaitu sebagai obat jerawat. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut polifenol sebagai agen anti bakteri.

Komponen ini dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah anda dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu terbentuknya jerawat.

Jangan lupa untuk mencuci wajah anda terlebih dahulu
Oleskan kandungan gel lidah buaya pada bagian wajah yang berjerawat setiap pagi dan sore.
Selain itu, untuk hasil yang lebih optimal, penggunaan gel lidah buaya sebagai obat jerawat 35% lebih efektif bila diikuti dengan penggunaan obat jerawat dari dokter.

2. Mempercepat penyembuhan luka di kulit

Lidah buaya memiliki senyawa yang dapat mempercepat penyembuhan luka di kulit yang disebut dengan glukomanan dan gliberelin. Senyawa ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan pembentukan kolagen di area sekitar luka sehingga pembentukan jaringan baru dapat berlangsung lebih cepat.

Selain itu, senyawa aktif ini juga dapat mencegah kematian sel di daerah sekitar luka sehingga mengurangi munculnya bekas luka.

Cuci luka hingga bersih
Pastikan perdarahan pada luka sudah berhenti.
Jika luka sayatan masih berdarah, hentikan perdarahan terlebih dahulu dengan menekan luka menggunakan kasa.
Oleskan gel lidah buaya ke bagian luka secara merata.
Perlu diingat bahwa penanganan luka terbuka harus selalu dalam keadaan bersih, begitu pula dengan lidah buaya yang digunakan harus dicuci terlebih dahulu.

3. Membantu mengobati herpes

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi Herpes Simplex Virus (HSV). Penyakit kulit ini kerap ditemui dengan ciri berupa bintik-bintik merah bergerombol yang berisi gelembung-gelembung air pada kulit, yang terasa panas dan gatal.
Herpes bersifat kambuh-kambuhan atau dapat muncul kembali setelah sembuh bila sistem imun anda sedang turun.

Untuk mengobati herpes, bagian lidah buaya yang dapat digunakan adalah 0.5% ekstrak lidah buaya yang telah diolah dalam bentuk krim.
Anda dapat menemukan produk ini dengan berbagai merk di pasaran. Oleskan krim ini 3x sehari selama 5 hari sampai 2 minggu.
Perlu diingat bahwa lama penyembuhan penyakit herpes sangat ditunjang oleh sistem imun tubuh yang baik.

4. Mempercepat penyembuhan sariawan atau luka di mulut

Tak jarang kita mendapati mulut kita mengalami sariawan akibat tergigit, terluka saat menyikat gigi dengan keras, ataupun saat kita kekurangan vitamin C.

Untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai campuran saat berkumur atau langsung mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang mengalami luka. Kandungan vitamin C lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

Selain itu, kandungan zat lupeol dalam lidah buaya bersifat sebagai antiseptik dan membantu mengurangi rasa nyeri di mulut.

Untuk penggunaan gel lidah buaya secara langsung, anda dapat mengoleskan 2-3x sehari sampai luka sariawan sembuh.
Sedangkan sebagai larutan kumur, anda dapat melarutkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam air bersih dan gunakan untuk berkumur selama 2 menit.
Lakukan cara ini 4x sehari untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan. Metode ini telah terbukti memiliki efek penyembuhan yang sama dengan penggunaan obat kortikosteroid yang biasa dioleskan untuk menyembuhkan luka di mulut.

5. Membantu pengobatan psoriasis

Bagi sebagian orang yang menderita psoriasis tentu merasa sangat terganggu dengan penyakit kulit ini. Bercak-bercak merah yang sering muncul dengan rasa gatal disertai kulit yang mengelupas muncul akibat reaksi autoimun dalam tubuh. Penyakit kulit ini terjadi karena sistem imun dalam tubuh salah mengenali antibodi sendiri sebagai musuh, sehingga muncul reaksi perlawanan berupa penyakit kulit psoriasis.

Dalam pengobatan psoriasis, lidah buaya mengandung senyawa alprogen yang dapat menghambat reaksi autoimun tersebut.

Anda dapat memanfaatkan 0.5% ekstrak lidah buaya yang telah dikemas dalam bentuk krim.
Oleskan krim ini 3x sehari selama 4 minggu untuk mempercepat penyembuhan bercak psoriasis. Selain itu, kelembaban dari lidah buaya dapat mengurangi gejala rasa gatal di kulit.

6. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Gel lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi dan bersifat dingin. Oleh karena itu, tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan luka bakar, baik yang disebabkan oleh panas ataupun zat kimia tertentu.

Selain itu, kandungan anti bakterinya dapat mencegah infeksi sekunder yang biasa muncul pada luka bakar yang berkepanjangan dan efek antioksidan yang dimiliki lidah buaya dapat menghambat reaksi peradangan pada luka bakar.

Namun, perlu diketahui bahwa penelitian yang pernah dilakukan sejauh ini membuktikan bahwa lidah buaya hanya mampu membantu penyembuhan luka bakar derajat 1 dan derajat 2, di mana luka bakar belum sampai menembus lapisan dalam kulit atau yang disebut dengan dermis.

Oleskan gel lidah buaya 2x sehari selama 6 minggu atau sampai luka bakar sembuh.
Anda dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun untuk mendapatkan efek penyembuhan yang lebih baik.

7. Membantu mengatasi dermatitis atau eksim

Dermatitis atau eksim adalah peradangan pada kulit yang sering muncul pada kulit sensitif, terutama pada daerah dengan cuaca yang panas. Kulit akan tampak merah, muncul bintik-bintik, dan juga gatal. Lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah eksim yang anda alami.

Sensasi dingin dari gel lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan senyawa seperti alprogen dan C-glukosil yang terkandung di dalamnya dapat menghambat reaksi peradangan dan meredakan ruam merah yang muncul.

Iris lidah buaya untuk mendapatkan gelnya.
Kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut pada daerah yang terkena eksim atau dermatitis 2x sehari hingga gejala eksim menghilang.

8. Menjaga keremajaan kulit

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa lidah buaya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kulit, salah satunya yaitu menjaga keremajaan kulit. Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam lidah buaya dapat melawan radikal bebas yang berperan dalam proses penuaan kulit.

Selain itu, gel lidah buaya juga terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen yang mempertahankan elastisitas kulit sehingga kulit tampak senantiasa kencang dan terlihat segar.

Gunakan gel lidah buaya sebagai masker ke seluruh badan termasuk wajah dan biarkan selama 20 menit.
Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih.
Lakukan metode ini 2x dalam seminggu untuk mendapatkan kulit awet muda sesuai yang anda inginkan.

Khasiat Lidah Buaya Lainnya Bisa Menggunakan Hut Mun GelĀ 

Di Toko Online Terpercaya www.jagonyadandan.com bisa anda dapatkan gampang dan aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *