7 Kegunaan Jojoba Oil

unanimocracy.com – Tanaman jojoba bisa ditemukan di daerah gurun California, Arizona, dan Meksiko. Tanaman Jojoba dapat mencapai tinggi hingga 4,5 m.

Minyak jojoba sendiri dihasilkan dari pemerahan biji yang berasal dari tanaman ini. Minyak Jojoba banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Beberapa kandungan dalam minyak jojoba yang esensial diantaranya adalah vitamin E, vitamin B-komplek, tembaga, seng, selenium, iodin, dan krom.
Minyak jojoba juga cukup lembut untuk digunakan pada kulit yang sensitif tanpa menimbulkan reaksi alergi.

Minyak jojoba dikenal sangat mirip dengan sebum manusia, sehingga memiliki banyak kegunaan serta manfaat yang baik untuk kecantikan serta kesehatan kulit dan rambut.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari minyak jojoba:

1. Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Mungkin terdengar menakutkan bila kita mengoleskan minyak pada kulit berminyak, namun minyak jojoba dapat membantu mengatur jumlah sebum (minyak) pada kulit, sehingga hanya menghasilkan sedikit minyak.

2. Pelembab Serbaguna

Minyak jojoba dapat digunakan sebagai pelembab mulai dari kepala hingga ujung kaki, artinya minyak jojoba bisa berfungsi sebagai pelembab wajah maupun tubuh.

Minyak jojoba bisa dipertimbangkan untuk digunakan sebagai pelembab wajah harian yang digunakan ketika malam hari.

Bisa juga menggunakan 4-6 tetes minyak jojoba sebagai pelembab wajah pada siang hari atau digunakan sebagai lip balm.

3. Pembersih Wajah

Mirip dengan minyak kelapa, kita juga bisa menggunakan minyak jojoba sebagai pembersih wajah harian.

Oleskan beberapa tetes minyak jojoba pada kulit yang kering, biarkan beberapa saat hingga mnyerap, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Pembersih Make-up

Minyak jojoba dapat diaplikasikan langsung ke wajah dengan menggunakan bola kapas sebagai pembersih make-up terutama untuk riasan mata yang tahan air.

Maskara maupun eye liner yang tahan air akan lebih mudah dibersihkan bila make-up remover yang kita gunakan mengandung minyak jojoba.

Selain itu, minyak jojoba juga membantu menghilangkan sisa foundation, bedak, maupun riasan wajah yang masih menempel.

5. Melembabkan Kutikula

Oleskan setetes minyak jojoba pada kuku untuk melembabkan kutikula yang kering. Oleh karenanya, minyak jojoba bisa dijadikan sebagai minyak alternatif bila kita melakukan manikur atau pedikur di rumah.

6. Mengatasi Masalah Rambut Kering

Minyak jojoba bisa digunakan juga sebagai solusi untuk mengatasi masalah rambut kering. Misalnya, mengoleskan minyak hangat sebelum keramas atau bisa juga sebaliknya, mengoleskan minyak jojoba pada rambut setelah keramas.

7. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak jojoba bagus untuk kulit kepala yang kering dan dapat menghilangkan ketombe. Gunakan minyak jojoba untuk membuat rambut lebih lembut dan bersinar alami.

Minyak jojoba mampu membersihkan folikel-folikel rambut dari kotoran yang menyumbat, sehingga dapat mengurangi rambut rontok sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut.

Antioksidan yang terkandung di dalam minyak jojoba juga berfungsi sebagai pelindung kulit kepala dan mencegah rambut patah maupun bercabang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *