Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi Untuk Tubuh

Vitamin C atau juga disebut dengan nama asam askorbat merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Tubuh kita tidak bisa mendapatkan vitamin C secara langsung dan asupan vitamin ini bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C memiliki peran yang sangat besar untuk tubuh terutama untuk menjaga kesehatan.

Berikut ini adalah makanan yang mengandung sumber vitamin C tinggi dan penting untuk tubuh.

1. Kubis (92,6 mg/ 100 gram)

Kubis merupakan salah satu kelompok sayuran yang sering kita pakai untuk membuat sup dan jenis sayuran lain. Kubis putih memiliki struktur serat yang jelas dan renyah. Kubis bisa dijadikan olahan makanan maupun sebagai lalapan. Sayuran ini banyak tumbuh di daerah yang memiliki suhu rendah. Kubis memiliki nutrisi yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Mengkonsumsi kubis setiap hari bisa mencukupi kebutuhan serat sekitar 5 gram, 50 kalori dan 3,76 gram protein. Meskipun banyak orang yang tidak menyukai kubis karena rasanya yang sedikit khas, namun kubis bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kubis secara rutin.

Kubis memiliki kandungan vitamin esensial seperti vitamin C, vitamin B, zat antioksidan dan berbagai macam nutrisi yang bisa melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit seperti gangguan sakit mata, masalah pertumbuhan dan juga kesehatan tubuh.
Kandungan vitamin K dalam kubis membantu tubuh untuk mengatur sistem pembekuan darah, mengurangi resiko pembengkakan dan gangguan pendarahan tubuh.
Kandungan glukosinolates dalam kubis bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Paprika Hijau (56,5 mg/ 50 gram)

Paprika hijau memang tidak seterkenal paprika merah. Paprika hijau hanya disukai oleh beberapa orang sebagai campuran salad atau bumbu masakan. Namun ternyata paprika hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Dalam 50 gram paprika hijau ditemukan sekitar 1,6 gram serat, 13 kalori dan 0,52 protein. Kandungan semua nutrisi ini bisa membantu kebutuhan asupan tubuh setiap hari. Berikut ini manfaat paprika hijau untuk kesehatan.

Serat yang ditemukan dalam paprika hijau bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan, mengatasi penyakit jantung, mengurangi resiko kanker dan mencegah diabetes. Bahkan serat dari paprika juga bisa mengurangi gejala sembelit dan untuk menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam paprika hijau bermanfaat untuk mencegah semua penyakit yang berhubungan dengan infeksi gigi, kerusakan pembuluh darah dan memelihara sistem kekebalan tubuh.
Paprika hijau memiliki kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengurangi gejala kanker dan penyakit degeneratif.

3. Kale (53 mg/ 50 gram)

kaleKale atau kailan adalah jenis sayur yang termasuk dalam kelas kubis-kubisan. Kale memiliki warna hijau daun yang sangat khas dan daun bergelombang. Biasanya kale dimasak menjadi olahan masakan China dengan bumbu garam. meskipun kale terlihat seperti sawi atau sayuran hijau lain, namun kale mengandung serat hingga 3 gram. Bahkan kale juga memiliki nilai protein sebesar 2,57 gram dan 39 kalori. Manfaat kale untuk kesehatan antara lain adalah:

Kandungan asam folat, serat dan magnesium dalam kale bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan proses pembakaran lemak dan membantu untuk diet.
Kandungan zat besi dalam kale bisa membantu tubuh dalam pembentukan darah merah, mendukung pertumbuhan sel dan fungsi hati.
Vitamin C yang ditemukan dalam kale bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan dehidrasi.
Vitamin K dalam kale juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan mengurangi resiko Alzheimer.
Kale adalah makanan yang mengandung asam folat super tinggi sangat cocok untuk ibu hamil.

4. Brokoli (49 mg / 100 gram)

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang masuk dalam kelas tanaman kubis. Brokoli memiliki bentuk seperti kembang kol namun berwarna hijau padat. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari brokoli adalah pada daging buahnya yang memiliki rasa renyah dan lezat. Sayuran ini sering dimasak sebagai sup, bubur atau masakan lain. Dalam 100 gram brokoli ditemukan sekitar 3 gram serat, 23 kalori dan 1,76 gram protein. Berikut ini beberapa brokoli untuk kesehatan tubuh.

Kandungan glukoraphanin dan karbinol menjadi salah satu agen anti kanker yang paling kuat dari brokoli. Brokoli bisa menjadi asupan makanan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.
Serat dalam brokoli sangat baik untuk mencegah masalah sembelit, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan berat badan.
Brokoli menganding kaemferol yang bermanfaat untuk mencegah peradangan dan alergi pada tubuh.
Vitamin C dalam brokoli sangat baik untuk mencegah kanker dan sebagai agen antioksidan dalam tubuh.

Kandungan Vitamin C yang lebih efektif untuk kecantikan anda, gunakan Snail Bright Whitening Cream sangat bagus untuk kecantikan kulit anda.

Dapatkan segera di toko online terpercaya www.jagonyadandan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *