Cara Mendesain Rumah Kecil di luar Nampak Luas di Dalam

Mempunyai rumah kecil kini bukan lagi menjadi masalah besar. Rumah kecil pun bisa disulap menjadi nampak besar dengan cara desain interior rumah yang benar dan sesuai keinginan kita. Apalagi dengan biaya yang tidak menguras kantong, siapa yang tidak tertarik? Berikut ada beberapa tips tentang bagaimana cara mendesain rumah kecil di luar agar nampak luas di dalamnya.

  1. Kaca pembentuk Ilusi

Kaca ini berguna untuk menciptakan efek dua ruang yang akan memberikan kesan luas untuk rumah anda. Cara mendesain rumah dengan memanfaatkan kaca ini  cukup menghemat biaya. Kita hanya menggunakan satu kaca tapi bisa berguna untuk merefleksikan jendela dan menciptakan ruangan yang nampak lebih luas.

  1. Dinding

Cara mendesain rumah dengan memanfaatkan dinding atau biasa disebut tembok masif  juga sangat membantu. Kita bisa meletakkan atau memasang rak gantung untuk meletakkan barang-barang. Tembok masif ini bisa juga dimanfaatkan untuk rak penyimpanan. Penggunaan dinding ini juga bisa meminimalkan biaya untuk pembelian furnitur.

  1. Memilih furnitur

Memilih furnitur yang tepat juga termasuk cara mendesain rumah kecil agar terkesan luas. Gunakan furnitur-furnitur yang sederhana namun serbaguna. Letakkan berjajar di satu atau dua sisi ruang saja. Hindari meletakkan di setiap sudut ruang, karena hal tersebut justru akan memberi kesan sempit untuk rumah anda.

Untuk membeli furnitur, usahakan disesuaikan dengan ruangan yang akan anda pakai untuk meletakkan furnitur tersebut. Karena furnitur nampak kecil di ruang tertentu belum bisa jadi nampak besar di ruang lain jadi pemilihan besar kecilnya juga berpengaruh.

Sangat disarankan untuk memakai furnitur yang berbentuk rangka atau bongkar pasang. Dan dengan ukuran yang pas akan menciptakan kesan luas.

  1. Pemilihan warna

Pemilihan warna juga sangat berpengaruh dalam menciptakan kesan luas di dalam rumah anda. cara mendesain rumah dengan metode pemilihan warna ini,  sangat mudah untuk diterapkan. Gunakan warna-warna cerah untuk permukaan lantai, dinding maupun plafon. Untuk perabot bisa disesuaikan juga dengan warna dinding.

  1. Ruang tamu yang sempit

Cara mendesain rumah dengan ruang tamu yang sempit sebenarnya bukan hal yang sulit. Kita bisa mencoba mendesainnya dengan menciptakan gaya yang unik. Sesekali kita bisa mengubah sofa dengan posisi dan bentuk maupun warna yang berbeda. Namun tetap memakai warna yang kalem. Dan kita bisa menambahkan lukisan klasik maupun modern di dalam ruang tamu.

  1. Kolong tempat tidur pengganti rak buku

Cara mendesain rumah yang satu ini sudah mulai banyak dilirik, terutama yang mempunyai tempat terbatas di dalam rumah. Untuk pengoleksi buku juga tidak perlu bingung lagi. Buku bisa tertata rapi tanpa perlu tempat tambahan. Ruanganpun masih tetap terlihat luas.

  1. Gorden peninggi ruangan

Pemakaian gorden atau tirai panjang yang menjuntai hingga permukaan lantai akan menciptakan ruangan terlihat lebih tinggi. Cara mendesain rumah dengan menggunakan gorden ini juga disarankan untuk rumah kecil agar tampak luas.

  1. Dapur terlihat luas

Kita bisa meletakkan kaca diantara base unit dan upper unit. Fungsi peletakan ini berfungsi sebagai reflektor yang akan menciptakan dapur terlihat lebih luas. Cara mendesain rumah dengan aplikasi kaca pada dapur ini juga berfungsi untuk menambah cahaya dalam ruang dapur anda.

  1. Meja makan knock down

Cara mendesain rumah untuk ruang makan yang sempit kita bisa nengaplikasikan furnitur berjenis lipat atau knock down. Anda bisa menggunakannya ketika akan melakukan aktivitas di meja makan dan bisa merapikannya setelahnya. Ini akan mengurangi kesan sempit ruang makan anda.

  1. Ruang bawah tangga

Bagi anda yang mempunyai rumah bertingkat, ruangan di bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan. Sehingga ruangan lain tidak akan terlihat berdesakan. Ini bisa dijadikan alternatif untuk memberikan kesan luas di rumah anda.

 

Beberapa tips di atas bisa membantu anda untuk tahu bagaimana  cara mendesain rumah kecil agar tampak luas dan meminimalkan anggaran biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *