Mengenal 4 Gugusan Kepulauan Raja Ampat Yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu mendengar tentang Kepulauan Raja Ampat apa yang kamu pikirkan? Ya, Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Papua Barat. Keelokannya yang mempesona sudah diakui dunia. Bahkan Avant Premiere sempat membuat film dokumenter “Edis Paradise 3” dimana film tersebut menceritakan tentang keindahan alam bawah laut Papua. Wilayahnya yang merupakan kepulauan terdiri dari 600 pulau dengan luasnya mencapai 4,5 juta hektar. Dari 600 pulau tersebut terdapat 4 pualu besar yang wajib dikunjungi, yaitu Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Batanta dan Pulau Salawati.

Pulau Misool merupakan salah satu dari 4 pulau besar di Kepulauan Raja Ampat. Luasnya sekitar 2.034 km2 dengan kota utamanya adalah Waigama. Pulau Misool yang bearada di salah satu segitiga karang dunia menjadikannya memliki pemandangan bawah laut yang paling indah di Papua Barat. Pulau Misool yang berbatasan langsung dengan laut Seram dan Perairan lepas menjadi jalur lintas hewan laut besar seperti paus dan gurita. Bahkan sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di wilayah ini. Ini alasan mengapa kamu wajib snorkling di Pulau ini.

Pulau berikutnya yang merupakan pulau besar di Kepulauan Raja Ampat adalah Pulau Waigeo. Pulau ini dikenal juga dengan nama Amberi atau Waigu. Luas wialyahnya sekitar 3.115 km2 dan menjadikan Waigeo menjadi Pulau terbesar di gugusan Kepulauan Raja Ampat. Selain pantai pasir putih dan keindahan bawah lautnya yang menawan, Pulau in juga menyuguhkan wisata budaya yang berada di wilayah Waigeo Utara, yaitu kesenian suling tambur. Kesenian ini biasanya ditampilkan untuk menyambut kunjungan pejabat/orang penting dan pada perayaan 17 Agustus. Selain itu kesenian suling tambur juga dipertandigkan antar kampung pada saat perayaan hari besar agama maupun Nasional.

Salah satu Pulau berpenghuni di Kepulauan Raja Ampat adalah Pulau Batanta, pulau ini hanya memiliki luas 432 km2. Namun selain keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, Pulau Batanta juga memiliki destinasi lain untuk dikunjungi, yaitu air terjun batanta. Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini juga memiliki gua kecil dibaliknya. Debit airnya yang tidak terlalu besar juga menjadi spot favorit bagi para wisatawan.

Pulau terluas ketiga di Gugusan Pulau Raja Ampat adalah Pulau Salawati, pulau ini memiliki luas 1.623 km2. Pulau yang masih tergolong sepi ini juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tak kalah dengan pulau lainnya. Ciri khas dari Pulau ini yaitu adanya ikan pelangi yang bisa ditemui di Sungai Doktor, bahkan air dari sungai ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit lho. Selain itu di pulau ini juga terdapat bungker-bungker peninggalan Belanda dan Jepang pada masa Perang Dunia II yang tentunya juga cukup menarik untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *