Sakralnya Objek Wisata di Rembon

Tempat obyek wisata Tana Toraja tersebar di beberapa wilayah salah satunya di Rembon. Rembon awalnya merupakan sebuah tempat pembuangan bagi masyarakat yang melanggar hukum atau norma agama. Meskipun sebagai tempat pembuangan, tetapi terdapat obyek wisata di Rembon yang menarik perhatian wisatawan dunia.

Rembon, sebuah Kecamatan yang berada di Kabupaten Toraja dan memiliki luas sekitar 134,47 kilometer persegi. Tempat ini terdiri dari 2 Kelurahan dan mempunyai 11 Lembang. Rembon memiliki obyek wisata tertua yaitu Rumah adat khas Toraja yang bernama Rumah Tongkonan. Namun rumah adat Tongkonandisini berbeda dengan rumah adat Tongkonan yang berada di semua wilayah Toraja. Lalu apa bedanya?

Sebagai salah objek wisata di Rembon, Rumah Tongkonan memiliki ciri khas tersendiri yaitu atapnya yang dibuat dari batu. Rumah Tongkonan ini merupakan Tongkonan paling tertua disepanjang perjalanan di Kabupaten Toraja. Rumah Tongkonan ini biasanya oleh masyarakat setempat disebut dengan papa’ batu artinya satu-satunya rumah Tongkonan yang memiliki atap terbuat dari batu.

Hal lain yang menarik dari rumah ini adalah usia rumah yang sudah berusia sekitar 700 tahun. Tongkonan ini konon diwariskan secara turun temurun oleh keluarga yang memilikinya. Sebuah rumah Tongkonan yang sangat unik dengan badan dan atap yang disangga oleh 55 buah kayu yang sudah dipilih. Atapnya yang berbentuk segiempat dan dibuat dari batu pahatan semakin menambah kesan kuno rumah ini.

Rumah Adat Tongkonan ini tepatnya berlokasi di Desa Banga’, Kecamatan Rembon, kabupaten Tana Toraja. Tempat ini merupakan tempat yang disucikan oleh masyarakat Toraja. Setiap pengunjung yang datang tidak diperkenankan untuk memasuki rumah ini. Mereka harus mengetuk pintu sebanyak 3 kali dengan menggunakan kepala mereka masing-masing dan mengucapkan salam untuk meminta ijin sebelum memasuki rumah ini.

Bagi Anda para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini diharapkan untuk berlaku sopan. Jika Anda penasaran, Anda bisa mengunjunginya pada saat liburan. Demikian salah satu contoh objek wisata di Rembon Tana Toraja yang sangat terkenal. Bagaimana, menarik bukan? Bagi anda yang ingin berwisata melihat pesona keindahan alam di rembon tana toraja bisa hubungi penyedia paket wisata ke toraja untuk kesini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *