Apakah Batuk Termasuk Penyakit ?

Apakah Batuk Termasuk Penyakit ?

Saat bertemu dengan musim pancaroba ataupun musim hujan tentu sangat sering dari kita terserang flu ataupun batuk. Batuk yang sering diderita oleh diri kita sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Batuk yang sering menyerang tanpa pandang umur ini merupakan reaksi yang diberikan oleh tubuh akibat adanya penyakit lainnya yang sedang menyerang tubuh. Batuk yang sering dijumpai pada kalangan anak anak, balita, bayi, dewasa, maupun ibu hamil merupakan respon dari tubuh untuk mengeluarkan kotoran yang terdapat pada tenggorokan. Kotoran yang dimaksud dapat berupa debu, ataupun benda asing lainnya.

Pada ujung tenggorokan dan kerongkongan terdapat satu katup yang dapat menutup dan membuka untuk memberi jalan masuk bagi makanan ataupun udara yang akan masuk ke system pencernaan dan system pernafasan. Saat makanan masuk, maka katup akan menutup saluran pernafasan, sehingga makanan tadi akan masuk melalui kerongkongan. Begitu pula sebaliknya, saat yang masuk berupa udara, maka katup akan menutup saluran pencernaan dan membuka saluran pernafasan, sehingga udara yang masuk dapat mencapai paru paru untuk digunakan pernafasan.

Mengapa terjadi batuk ?

Saat makanan akan masuk kedalam system pencernaan, maka katup akan menutupi tenggorokan, akan tetapi beda halnya jika makanan tersebut masuk bersamaan dengan udara maka katup tadi akan memberi kesempatan makanan untuk masuk melalui tenggorokan. Saat makanan tadi sudah masuk ke dalam tenggorokan yang sejatinya digunakan untuk udara, maka tenggorokan akan mengeluarkan makanan tadi melalui mekanisme batuk. Bukan hanya makanan saja yang menyebabkan hal itu terjadi, bahkan debu pun bisa memicu terjadinya batuk. Batuk tersebut dapat terjadi baik berupa batuk berdahak maupun batuk kering. Karena itu, sangatlah perlu bagi kita untuk mengetahui cara mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat

Sekian artikel mengenai batuk serta penyebab dan alasannya bukan digolongkan sebagai penyakit, semoga membantu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *