Perbedaan CCTV Wireless Dan IP Camera, dan Mana yang Lebih Baik

Mengandalkan tenaga manusia untuk keamanan mungkin sudah biasa, dan ada juga yang mengandalkan kamera dan layar yang diawasi oleh pihak keamanan. Pilihan kamera keamanan ini bisa jadi CCTV wireless dan bisa juga IP Camera. Keduanya memiliki keunggulan dan sistem yang berbeda. Tapi mana yang lebih baik dan apa saja perbedaannya?

CCTV Wireless dan IP Camera yang Berbeda Dengan Fungsi yang Sama

Keamanan adalah salah satu kebutuhan untuk suatu bangunan, baik itu gedung atau malah sebuah rumah saja. Karena adanya barang yang dianggap berharga oleh pemilik rumah maka keamanan dianggap harus ditingkatkan. Ada juga kasus dimana setelah mengalami kecurian, pemilik rumah atau penghuni gedung merasa trauma dan tidak aman. Pemasangan kamera dimaksudkan untuk memberi rasa aman terlebih setelah peristiwa tersebut. permasalahannya adalah, kamera mana yang dipilih, IP Camera atau CCTV Wireless? Berikut adalah perbedaannya.

1 ) Jaringan yang digunakan

IP Camera menggunakan jaringan yang berbeda dengan CCTV. Apalagi untuk CCTV baik analog ataupun wireless, tidak memiliki jaringan yang sama dengan IP Camera. Kamera IP menggunakan  internet protocol alias jaringan internet untuk mengirimkan gambar dan menyimpan data rekaman. Jaringan tersebut tersambung dengan internet sehingga IP Camera juga sering disebut kamera keamanan digital. Kegunaannya mirip dengan webcam, namun kamera ini bisa berdiri sendiri. Tidak perlu disambungkan dengan PC atau laptop.

2 ) Jarak pandang

Mengawasi keadaan sekitar pun membutuhkan jarak pandang yang luas dan jelas. Untuk itu, mata manusia memang lebih canggih, namun tidak mungkin mengawasi dari atas gedung selama 24 jam non stop. Maka, ada banyak jenis kamera yang tersedia di pasaran sekarang ini. Semuanya memiliki fungsi yang sama, namun  jarak pandang akan berbeda tergantung kualitasnya. Kamera CCTV bahkan yang memiliki jaringan Wireless sekalipun masih memiliki jarak pandang analog. Jarak pandang yang lebih sempit membuatnya mulai ditinggalkan oleh penggunaanya. Bentuk kamera CCTV Wireless juga menyerupai tabung sehingga jarak pandang terbatas.

Berbeda dengan IP Camera. IP Camera memiliki bentuk bulat dan bisa bergerak dengan lebih bebas. Jarak pandang pun bisa menjadi lebih luas. Jarak pandang yang luas berarti kemungkinan adanya aksi kejahatan terekam lebih banyak.

3 ) Keleluasaan Pengguna

Selain menjadikan sistem keamanan lebih terjamin, kamera ini juga memerlukan banyak tempat. Tempat yang dimaksud adalah tempat data rekaman tersimpan. Baik untuk IP Camera hingga CCTV Wireless, keduanya membutuhkan tempat data yang cukup besar. maka, kamera belum lengkap tanpa pendataan yang tertata rapi dalam satu tempat. Memori penyimpanan disediakan sesuai dengan paket tempat Anda membeli kamera tersebut. Jika Anda memang memiliki wewenang, ketika dibutuhkan, Anda dapat dengan bebas mengakses isi rekaman manapun pada hari dan jam berapapun yang diperlukan.

Kemudahan inilah yang menjadikan Wireless CCTV dan IP Camera tetap digunakan sebagai sistem keamanan ekstra. Pekerjaan pihak keamanan juga akan lebih mudah dilakukan. Selain itu, baik IP Camera maupun Wireless CCTV mudah didapat dengan harga jual CCTV yang bersahabat.

Itulah perbedaan yang perlu Adna ketahui mengenai Wireless CCTV dan IPS Camera. Keduanya memang berbeda, namun memiliki fungsi yang sama. Perhatikan keperluan jarak pandang, sinyal yang bisa diterima di luar dan dalam gedung, serta kebutuhan spesifikasi lainnya. Spesifikasi untuk perlengkapan lain dari kamera juga harus diperhatikan agar ketika pemasangan dilakukan tidak ada kendala. Tergantung kebutuhan Anda sebagai pelanggan yang menentukan, mau memilih CCTV Wireless? Atau IP Camera?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *