10 Makanan Sehat Untuk Jantung

makanan sehat untuk jantung

Gaya hidup dan pola makan kita lebih berkaitan dengan jantung kita daripada jumlah tahun yang kita jalani. Dengan gaya hidup yang padat saat ini, pola tidur yang tidak teratur, pola makan yang tidak sehat, tingkat stres yang tinggi dan kurangnya aktivitas fisik, tak heran bila kita mendengar beberapa profesional muda yang tampaknya sehat tiba-tiba ambruk di tengah hari karena faktor terkait jantung. Penyakit jantung bukan lagi penyakit yang berhubungan dengan usia.

makanan sehat untuk jantung

Meskipun para ahli telah membuat banyak kemajuan di bidang kardiologi, namun tidak cukup bagi jantung dan organ tubuh lainnya mengandalkan obat maupun teknologi. Beberapa makanan umum yang kaya nutrisi bisa bekerja membantu mencegah penyakit jantung, bila dikonsumsi setiap hari dan disertai dengan gaya hidup sehat. Berikut adalah bebera makanan super yang dapat menjaga jantung tetap sehat.

1. Biji Chia – Berkadar serat, Omega-3 dan protein tinggi, biji chia dapat membantu menurunkan kolesterol LDL, trigliserida dan pembengkakan, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL sehat.

2. Biji-bijian utuh – Diet yang terdiri dari biji-bijian membantu mengurangi kadar kolesterol LDL. Kandungan serat dalam biji-bijian membantu menurunkan trigliserida dan kolesterol, mengurangi tekanan darah dan mengatur kadar gula darah.

3. Brokoli – Sayuran ini membantu mengurangi kadar kolesterol Brokoli mengandung sulforaphane yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah. Vitamin B-kompleksnya bekerja untuk mengatur atau mengurangi kadar homosistein.

4. Bayam – Dilapisi dengan Vitamin C, beta-karoten, kalium, magnesium dan folat, bayam menawarkan manfaat untuk kesehatan kardiovaskular! Sayuran berdaun hijau ini bekerja dengan sangat baik untuk mencegah penumpukan kolesterol teroksidasi di dinding pembuluh darah, menurunkan kadar homosistein, mengatur tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

5. Salmon – Sumber lain dari asam lemak Omega-3, salmon juga kaya akan protein, Vitamin B dan D. Mengkonsumsi ikan berminyak ini setidaknya dua kali seminggu membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi jumlah trigliserida di sistem tubuh.

6. Sarden – Dikenal baik untuk menjadi salah satu sumber asam lemak Omega-3 EPA dan DHA yang paling kaya, sarden juga penuh dengan manfaat Vitamin B12. Vitamin ini mempromosikan kesehatan kardiovaskular karena ia bekerja untuk menjaga tingkat homosistein di cek, sehingga melindungi arteri Anda.

7. Kenari – Makanan super ini mengandung asam amino L-arginine yang membantu menjaga elastisitas dan fleksibilitas dinding arteri, membuatnya kurang rentan terhadap penggumpalan darah dan penyumbatan. Mereka juga kaya akan lemak tak jenuh, asam lemak Omega-3, serat, vitamin E dan sterol tanaman.

8. Almond – Kacang sehat jantung ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah besar, Vitamin E, magnesium dan potassium yang bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol LDL, menjaga kesehatan arteri dan vena, meningkatkan kontraksi otot yang sehat dan mengatur tekanan darah.

9. Apel – Antioksidan polifenol dalam buah lezat ini dapat membantu menghambat oksidasi kolesterol LDL, sehingga mengurangi kemungkinan aterosklerosis atau pengerasan arteri yang dapat menyebabkan stroke.

10. Jeruk – Buah kaya nutrisi ini sarat dengan vitamin C, folat, kalium, magnesium, fitokimia, flavanon, polifenol dan serat! Jeruk membantu mengurangi oksidasi kolesterol, mencegah akumulasi homocysteine ​​berlebih, mengendalikan tekanan darah dan melawan peradangan.

Itulah beberapa makanan sehat yang baik untuk jantung. Simak juga artikel kesehatan menarik lainnya di artikelkesehatan99.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *