Manajemen Karyawan Dalam Lingkup Perpajakan Yang Harus Dibayarkan Oleh Setiap Individu

Manajemen Karyawan Dalam Lingkup Perpajakan Yang Harus Dibayarkan Oleh Setiap Individu
Manajemen Karyawan Dalam Lingkup Perpajakan Yang Harus Dibayarkan Oleh Setiap Individu

Manajemen karyawan dalam bekerja dalam suatu perusahaan terkait. Nah, dengan mengetahui manajemen tersebut, Anda akan tahu apa saja tanggungan yang harus dibayarkan saat menjadi seorang karyawan. Atau dalam istilah umumnya, masyarakat Indonesia menyebutkan sebagai pajak Indonesia yang harus dibayarkan oleh setiap masyarakat, khususnya pekerja. Secara umum, pajak yang ada di Indonesia terbagi menjadi dua, yakni Pajak Pusat dan juga Pajak Daerah. Sesuai dengan namanya, Pajak Pusat langsung dikelola oleh staf perpajakan dari pemerintahan pusat. Hal ini dikelola secara khusus oleh Direktorat Jenderal Pajak-Departemen Keuangan. Hal ini sedikit berbeda dengan pajak daerah yang umumnya langsung dikelola oleh pemerintah daerah tempat karyawan tinggal.

Manajemen Karyawan Dalam Lingkup Perpajakan Yang Harus Dibayarkan Oleh Setiap Individu
Manajemen Karyawan Dalam Lingkup Perpajakan Yang Harus Dibayarkan Oleh Setiap Individu

Berikut beberapa pajak yang biasanya dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak maupun pemerintah daerah yang perlu Anda tahu. Setidaknya, dengan mengetahui apa saja pajak tersebut, Anda bisa tahu perbedaannya. Berikut pajak-pajak yang biasanya sering Anda dengar :

  • Pajak Penghasilan (PPh)
    PPh merupakan salah satu dasar dalam manajemen karyawan yang harus diketahui oleh setiap pekerja. Dasarnya, PPh dikenakan oleh setiap individu atau badan dari hasil pendapatan yang dia dapatkan dalam tahunan pajak. Pendapatan dalam pajak Indonesia merupakan setiap tambahan ekonomis dari luar Indonesia maupun dalam Indonesia. Yang mana pendapatan tersebut secara khusus digunakan sebagai konsumsi ataupun menambah kekayaan. Atau mudahnya, pendapatan tersebut bisa dikaitkan dengan hadiah, gaji, keuntungan bisnis, honorium dan masih banyak lagi.
  • Pajak pertambahan Nilai
    PPN atau Pajak Pertambahan Nilai merupakan pajak yang secara prakteknya langsung dikenakan atas Jasa Kena Pajak atau Barang Kena Pajak pada suatu daerah Pabean. Daerah pabean adalah daerah wilayah NKRI, baik itu laut, darat dan udara. Selain itu, orang, perusahaan ataupun pemerintah yang menggunakan Barang dan Jasa Kena Pajak tersebut harus membayar pajak Indonesia ini. Dasarnya, hampir semua barang atau jasa akan terkena Pajak Pertambahan Nilai. Akan tetapi, ada juga beberapa barang yang tidak dikenakan biaya PPN ini, karena dasarnya, barang-barang tersebut telah diatur sebelumnya dalam undang-undang. Tarif PPN biasanya menyebutkan satuan tunggal yang merujuk pada angka 10%. Pada ekspor, tarif PPN dalam manajemen karyawan suatu ilmu perpajakan adalah 0%.
  • Pajak Daerah
    Ada banyak jenis Pajak Indonesia yang berasal dari daerah. Akan tetapi hal yang paling wajar adalah Pajak Kendaraan Bermotor, Bajak Bahan Bakar Kendaraan, Pajak Bea Balik Nama Kendaraan dan Kendaraan Atas Air, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Restoran dan masih banyak lagi jenis pajak lainnya.

Itu tadi beberapa jenis pajak yang ada di Indonesia yang harus diketahui oleh seorang karyawan dan elemen masyarakat lain pada umumnya. Dengan mengetahui apa saja pajak yang harus dibayarkan tersebut, Anda bisa melakukan manajemen karyawan yang sesuai dengan gaji yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *